Suatu alat bantu bagi pengguna pada saat menggunakan sistem
A. Keyboard :
- Qwerty Layout
- ABCDE Layout
- Function keys
- Tombol Pergerakan Kursor
B. Piranti petunjuk
Kelebihan :
1. Mengurngi kesalahan ketik pada keboard
2. Dapat memusatkan perhatian pada tampilan
Ada 2 kelompok piranti petunjuk :
1. Direct pointing device : kendali langsung di permukaan layar
2. Indirect pointing devices : Kendali tak langsung terpisah dari permukaan layar.
C. Tugas Piranti Petunjuk :
1. Select
2. Position
3. orient : memilih arah ruang berdimensi satu
4. Path
5. quantity : menentukan nilai numerik
6. text
D. Light Pen
Kelemahan :
1. Tangan menutupi layar
2. Tangan jauh dari keyboad
3. Light pen harus di angkat
E. Touch Pen
Kelemahan :
1. melelahkan
2. tangan menutupi layar
3. tangan jauh dari keyboard
4. penunjukan tidak presisi
5. layar bisa kotor
F. stylus : untuk menyentuh touch screem pada palmtop.
G. Macam2 indirect pointing Devices :
1. Mouse
- Mouse optical
- Mouse optomekanik
Kelebihan :
a. posisi tangan nyaman
b. pergerakan panjang cepat
c. penempatan presisi
Kelemahan :
a. Tangan harus pindah dari keyboard
b. Memakan tempat di meja
c. Kabelnya mengganggu
d. Harus di angkat dan di letakkan kembali untuk pergerakan panjang
e. Harus berlatih untuk bisa menguasai
2. Track ball
3. Joystick
4. Track point
5. Touchpad
6. Tayangan gambar dan video
H. Piranti Keluaran
Piranti yang menampilkan hasil pengolahn hasil pemasukan data atau perintah pada layar komputer.
Terdiri dari :
a. Monitor
Perbandingan kelebihan dan kekurangan monitor jenis CRT dan LCD adalah :
- Ukuran fisik
- Warna
- Resolusi
- Kecerahan
- Sudut Pengliihatan
- Pemaksaan Daya dan emisi radiasi
- Harga
b. Printer
- dot-matrix printer
- inkjet printer
- Thermal Printer
- Layer Printer
- Plutter
I. Gaya Interaksi
Gaya suatu sistem yang di buat untuk menampilkan hasil rancangannya kepada pengguna.
- Pesan Kesalahan
- Rancangan Nonart ropomorfik
- Perancangan Layar
- Metrik Kompleksitas Tampilan
- Warna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar