Bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering di antara mitra yang berjauhan.
A. Komunikasi normal antar manusia
F2F
Percakapan
B. Komunikasi berbasis teks
Tipe :
1. Discreate, pesan langsung
2. Linear, pesan partisipan
3. Non-Liniear, pesan di hubungkan
4. Spatial, pesan diatur
C. Masalah yang di timbulkan
1. Back Channel
2. Grounding Constraint Turn taking
Sifat dari channel dimana para pembicara berkomunikasi meliputi :
- Cotemporality
Ucapan di dengar segera setelah di ucapkan
- Simultaneity
Dapat mengirim dan menerima pada waktu bersamaan
- Sequence
Ucapan – ucapan di urutkan
3. Konteks
4. Hypertext
D. Asinkron terbesar
1. Email
Sifatnya :
Struktur terlalu bebas, terlalu membuat kualahan dan transien
Tools :
- Filtering
- Archiving
- Forwarding
- Mailing List
2. Newsgroup dan Komunikasi Jaringan
- UNSENET newsgroups
- Mailing List service
- Online conferences
E. Sinkron terbesar
1. Group editor : mengedit dokumen bersama
Contoh : GROVE
2. Shared workspace : menulis dan menggambar bersama
Contoh : SEPIA
3. Shared Screen : Meliihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama
Contoh : PC Anywhere
4. Interactive game networks : bermain game yang sama melalui jaringan
Contoh : Star Craff
5. Chat : Diskusi mell antarmuka teks
Contoh : IRC
6. Video Conferencing dan Teleconferencing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar