Adalah Kemampuan kita untuk memahami berbagai sistem interaksi yang di gunakan dewasa ini.
A. Tiga tingkatan bahasa komputer yang perlu kita perhatikan sebelum kita dapat merancang suatu dialog dengan komputer :
- Leksikal
- Sintaks
- Semantik
B. Karakteristik Ragam Dialog
- Inisiatif
- Keluesan
- Kompleksitas
- Beban Informasi
- Kekuatan
- Konsistensi
- Umpan balik
- Observabilitas
- Kontrobilitas
- Efisiensi
- Keseimbangan
C. Kecakapan Manusia dan Kecakapan Komputer
Manusia :
- Etimasi
- Intuisi
- Kreatifitas
- Adaptasi
- Kesadaran Serempak
- Pengolahan Pengecualian
- Memori asosiatif
- Pengambilan keputusan nondeterministik
- Pengendalian pola
- Pengetahuan dunia
- Kesalahan manusiawi
Komputer :
- Kalkulasi darurat
- Dedukasi logika
- Aktifitas perdagangan
- Konsistensi
- Multitasting
- Pengolahan rutin
- Penyimpangan dan Pemanggilan
- Pengambilan keputusan deterministik
- Pengolahan data
- Pengetahuan domain
- Bebas dari kesalahan
D. Ragam Dialog Interaktif
Dialog berbasis peerintah tunggal
Keuntungan :
Cepat
Efisien
Akurat
Ringkas
Luwes
Inisiatif oleh Pengguna
Appealing / mudah di ingat
Kerugian :
Memerlukan Pelatihan yang lama
Membutuhkan Pengggunaan yang teratur
Beban ingatan yang tinggi
Jelek dalam menangani kesalahan
Dialog berbasis bahasa pemrograman
Antarmuka berbasis bahasa alami
Keuntungan :
- Tidak memerlukan sintaksis khusus
- Luwes dan Powerful
- Alamiah
- Merupakan inisiatif campuran
Kerugian :
- Mempunyai dualisme
- Tidak Presis
- Bertele-tele
- Perancangan Perangkat Lunak yang rumit
- Tidak efisien
1) Sistem Menu
Keuntungan :
- Memerlukan sedikit pengetikan
- Beban memori rendah
- Struktur terdefinisi dengan baik
- Perancangan yang mudah
- Tersedia piranti bantu CAD
Kerugian :
- Seringkali lambat
- Memakan ruang layar
- Tidak cocok untuk aktifitas Pemasukan data
- Tidak cocok untuk dialog terinisasi pengguna
- Tidak cocok untuk dialog terinisasi campuran
2) Dialog Berbasis Pengisisan Barang
Keuntungan :
- Pengguna sudah terbiasa dengan pengisian barang
- Isian data di sederhanakan
- Beban memori rendah
- Struktur Jelas
- Perancangan yang mudah
Kerugian :
- Seringkali lambat
- Memakan ruang layar
- Tidak cocok untuk pemilihan perintah
- Memerlukan pengontrolan kursor
- Memerlukan suatu bentuk pelatihan
3) Antarmuka berbasis ikon
4) Sistem Penjendelaan
5) Manipulasi Langsung
Kelebihan :
- Kompabilitas pada kendali dan tampilkan
- Lebih sedikit sintaks
- Cepat di pelajari dan lebih mudah untuk di ingat
Kekurangan :
- Menggunakan lebih banyak sumber daya sistem
- Beberapa aksi yang di gunakan menjadi dangat sulit
- Sulit di catat dan di telusuri
6) Manipulasi Langsung Remote
7) Antarmuka berbasis Interaksi Grafis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar