Rabu, 05 November 2008

BAB 4 --- RAGAM DIALOG

Ragam Dialog

Adalah Kemampuan kita untuk memahami berbagai sistem interaksi yang di gunakan dewasa ini.

A. Tiga tingkatan bahasa komputer yang perlu kita perhatikan sebelum kita dapat merancang suatu dialog dengan komputer :

- Leksikal

- Sintaks

- Semantik


B. Karakteristik Ragam Dialog

- Inisiatif

- Keluesan

- Kompleksitas

- Beban Informasi

- Kekuatan

- Konsistensi

- Umpan balik

- Observabilitas

- Kontrobilitas

- Efisiensi

- Keseimbangan


C. Kecakapan Manusia dan Kecakapan Komputer

Manusia :

- Etimasi

- Intuisi

- Kreatifitas

- Adaptasi

- Kesadaran Serempak

- Pengolahan Pengecualian

- Memori asosiatif

- Pengambilan keputusan nondeterministik

- Pengendalian pola

- Pengetahuan dunia

- Kesalahan manusiawi

Komputer :

- Kalkulasi darurat

- Dedukasi logika

- Aktifitas perdagangan

- Konsistensi

- Multitasting

- Pengolahan rutin

- Penyimpangan dan Pemanggilan

- Pengambilan keputusan deterministik

- Pengolahan data

- Pengetahuan domain

- Bebas dari kesalahan


D. Ragam Dialog Interaktif

Dialog berbasis peerintah tunggal

Keuntungan :

Cepat

Efisien

Akurat

Ringkas

Luwes

Inisiatif oleh Pengguna

Appealing / mudah di ingat

Kerugian :

Memerlukan Pelatihan yang lama

Membutuhkan Pengggunaan yang teratur

Beban ingatan yang tinggi

Jelek dalam menangani kesalahan

Dialog berbasis bahasa pemrograman

Antarmuka berbasis bahasa alami

Keuntungan :

- Tidak memerlukan sintaksis khusus

- Luwes dan Powerful

- Alamiah

- Merupakan inisiatif campuran

Kerugian :

- Mempunyai dualisme

- Tidak Presis

- Bertele-tele

- Perancangan Perangkat Lunak yang rumit

- Tidak efisien


1) Sistem Menu

Keuntungan :

- Memerlukan sedikit pengetikan

- Beban memori rendah

- Struktur terdefinisi dengan baik

- Perancangan yang mudah

- Tersedia piranti bantu CAD

Kerugian :

- Seringkali lambat

- Memakan ruang layar

- Tidak cocok untuk aktifitas Pemasukan data

- Tidak cocok untuk dialog terinisasi pengguna

- Tidak cocok untuk dialog terinisasi campuran


2) Dialog Berbasis Pengisisan Barang

Keuntungan :

- Pengguna sudah terbiasa dengan pengisian barang

- Isian data di sederhanakan

- Beban memori rendah

- Struktur Jelas

- Perancangan yang mudah

Kerugian :

- Seringkali lambat

- Memakan ruang layar

- Tidak cocok untuk pemilihan perintah

- Memerlukan pengontrolan kursor

- Memerlukan suatu bentuk pelatihan


3) Antarmuka berbasis ikon


4) Sistem Penjendelaan


5) Manipulasi Langsung

Kelebihan :

- Kompabilitas pada kendali dan tampilkan

- Lebih sedikit sintaks

- Cepat di pelajari dan lebih mudah untuk di ingat

Kekurangan :

- Menggunakan lebih banyak sumber daya sistem

- Beberapa aksi yang di gunakan menjadi dangat sulit

- Sulit di catat dan di telusuri


6) Manipulasi Langsung Remote


7) Antarmuka berbasis Interaksi Grafis




Tidak ada komentar: